Hakekat Berpikir

ISBN:979-9478-20-0
Penulis:Taqiyuddin an-Nabhani
Cover:soft cover
Isi:202
Ukuran: 20,5x13,5 cm
Tahun Terbit: 2014
Penerbit: Pustaka Thariqul Izzah
Kategori: Tsaqofah

Stock Buku: In Stock
Rp. 30,000

Hakekat BERPIKIR

            Salah satu keutamaan manusia dibandingkan dengan mahkluk-mahkluk lainnya di dunia adalah keberadaaan akalnya. Akal dijadikan timbangan waras dan tidaknya manusia. Karena kewarsan akal itulah manusia diberikan taklif(beban hukum) oleh Allah Swt. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita memiliki pengetahuan tentang akal (‘aql), proses berpikir(taklif), dan sekaligus metode berpikir (thariqah at-takfir). Ini karena, proses berpikirlah yang menjadikan akal manusia memiliki nilai, sekaligus menghasilkan berbagai buah (produk akal) yang mampu membuat kehidupam dan manusia menjadi baik.

            Berbagai macam ilmu, seni, sastra, fikih(hukum), ilmu bahsa, dan cabang-cabang pengetahuan lain, tiada lain adalah produk akal, yang konsekuensinya juga merupakan produk proses berpikir. Maka, sangatlah naïf jika kita sering memberikan perhatian lebih kepada buah (produk) dari akal sementara terhadap fakta akal itu sendiri sering diabaikan. Apalagi mengkaji lebih lanjut fakta tentang proses berpikir dan metode berpikir.

            Buku ini mengupas tuntas mengenai hakekat akal (‘aql), proses berpikir(tafkir) dan metode berpikir (thariqah at-tafkir). Termasuk jenis-jenis pemikiran yang dapat dipahami melalui akal, memahami fakta-baik berupa realitas, teks, maupun fakta politik, dan cara-cara pengambilan kesimpulan yang shahih(benar).

            Dengan membaca buku ini, Anda akan paham, mengapa kaum Muslim di masa ke-Khilafahan Islam masih tegak memiliki pemikiran cemerlang yang mampu menghasilkan produk-produk akal yang snagat tinggi. Dan mengapa para sahabat Nabi saw yang hidup di lembah kota Makkah-yang terpencil-bangkit dan mapu mengalahkan peradaban besar yang ada pada waktu itu dalam waktu yang amat singkat.

 

 

 

Write a review

Note: HTML is not translated!
Bad           Good