Keluarga

Bullying atau kekerasan pada anak sekarang menjadi persoalan serius dalam dunia pendidikan dan pergaulan anak-anak serta remaja. Sejumlah kasus di beberapa sekolah dasar terutama yang baru terjadi di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, mencuatkan lagi persoalan ini.

Sayangnya, meski sudah terjadi berulang kali tapi seperti tak ada solusi tuntas. Orang tua, sekolah, lingkungan apalagi negara seperti abai. Terlihat dari semakin tingginya kasus kekerasan pada anak dengan pelaku anak. Padahal dampak dari bullying ini dapat berkepanjangan. Apalagi bila dilakukan secara sistematis misal oleh kelompok/gang . Bukan saja melukai materi atau fisik anak, tapi mental korban.

 
Hidup dalam sistem kufur tentu bukan pilihan kita. Himpitan ekonomi menjadi pil pahit yang harus ditelan. Kenaikan harga BBM yang berbuah krisis keuangan rumah tangga menjadi beban pikiran yang harus disikapi secara bijak dan tepat oleh setiap ibu rumah tangga. Tak jarang, kesalahan memandang persoalan menghasilkan perilaku yang keliru dan bisa merendahkan martabat seseorang. Padahal krisis ekonomi seperti ini sebenarnya dapat mengantarkan seorang Muslim mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Adanya strategi yang tepat dalam menghadapi krisis menjadi kuncinya.