Ideal.Is.Me Seri Aktivis Dakwah Kampus

ISBN:---------
Penulis:
Cover:softcover
Isi:
Ukuran:
Tahun Terbit: 2014
Penerbit: Wadi Press

Stock Buku: In Stock
Rp. 55,000

Saat pertama kali mendengar istilah ‘mahasiswa’ yang terbayang di benak kita adalah orang yang hari-harinya disibukkan dengan perkuliahan dan tumpukan buku-buku teks yang tebal. Eitt.. Tunggu dulu, gambaran seperti itu adalah sepenggal kisah mahasiswa. Tapi itu terlalu biasa. Ya itu mahasiswa biasa.

Apakah ada mahasiswa yang tidak biasa atau mahasiswa luar biasa? Tentu ada. Mahasiswa kerap mendapat embel-embel agent of change (agen perubahan). Merekalah mahasiswa yang luar biasa itu. Mahasiswa Selain sibuk dengan aktivitas kuliahnya mereka juga teguh memperjuangkan idealismenya. Tidak tanggung-tanggung, idealisme mereka bernafaskan total 100 % Islam. Merekalah yang sering dibilang ‘aktivis dakwah kampus’. Mereka mampu membagi dirinya dalam dunia akademik dan dunia pergerakan sekaligus. Luar biasa bukan?

Mengapa kisah mereka tidak biasa? Mereka tidak egois. Mereka memikirkan nasib bangsa dan dunia. Buku ini memuat 21 kisah dari para aktvis kampus dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 12 kisah dipaparkan oleh ikhwan (laki-laki) dan 9 kisah diceritakan oleh para akhwat (perempuan). Kisah-kisah mereka mengerucut tentang perjuangan mereka dan mempertahankan dan menularkan idealisme mereka di lingkungan tempat mereka belajar (kampus).

Secara umum, mereka sama halnya seperti mahasiswa kebanyakan yang punya mimpi dan dorongan berprestasi yang tinggi secara individu, namun kelebihan mereka adalah berprestasi secara individu bukanlah tujuan akhir hidup mereka. Jantung kehidupan mereka adalah aktivitas dakwah. Jadi, melakukan perbaikan di kampus adalah yang menjadi prioritas mereka. Uniknya aktivitas mereka yang luhur itu, bukan menjadi penghambat mereka untuk berprestasi. Sebaliknyamereka memiliki prestasi akademis, bahkan berikutnya berkarir sebagai dosen dan penulis. Pada saat yang sama mereka mampu mewarnai kampus dengan idealisme yang sudah melekat dalam jiwa mereka.

Tentu saja perjuangan mereka tidak mulus. Komitmen dakwah mereka diuji. Kisah sebagian akhwat sangat menarik. Ketika memutuskan untuk berjilbab dan menjadi aktivis dakwah, mereka dikucilkan, dimusuhi teman, rekan atau dosen, keluarga yang tidak merestui, bahkan diskor pihak kampus tempat dia belajar.

Mengubah diri dan mengubah dunia menjadi gambaran utuh dalam buku ini. Tentu tidak mungkin kita bakal mengubah dunia jika tidak dimulai dari diri kita sendiri sebagai organisasi terkecil. Mimpi pribadi dan gerakan perubahan dunia yang dilakukan oleh para aktivis dakwah kampus yang terangkum dalam buku ini, layak untuk diikuti. Spirit perjuangan mereka bisa dijadikan model bagi siapa pun yang dirinya mempunyai kepedulian terhadap lingkungannya. Karena itu, untuk mendapatkan spirit yang mulia itu, ikuti setiap kisahnya tanpa terlewatkan satu lembar pun. Belajar memperjuangkan idealisme dari 21 kisah para pemimpi yang idealis, namun tetap membumi dan aplikatif. Inilah mozaik-mozaik kecil yang terhubung dengan visi yang sama, yakni mengubah dunia dengan Sistem islam yang berkeadian.

Write a review

Note: HTML is not translated!
Bad           Good