Isu-Isu Kontemporer Ekonomi & Keuangan Islam

ISBN:978-602-7986-04-6
Penulis:978-602-7986-04-6
Cover:Soft Cover
Isi:304 halaman
Ukuran: 15.5 x 23.5 c
Tahun Terbit: 2013
Penerbit: Al Azhar Fresh Zone
Kategori: Ekonomi & Bisnis

Stock Buku: In Stock
Rp. 54,000
Tags:
Islam diturunkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Hanya saja saat ini umat Islam sedang terpuruk dalam berbagai lini kehidupan, terutama kehidupan ekonomi. Seyogyanya dengan sumber daya alam yang melimpah ruah akan mampu menjadikan umat Islam, khususnya di Indonesia sejahtera. Atau setidaknya mampu memenuhi kebutuhan asasi seperti kebutuhan pangan, papan, sandang, pendidikan dan kesehatan.
Berbagai konsep telah ditawarkan bahkan sudah diterapkan baik berbasis sosialis, maupun kapitalis. Namun yang terjadi, sampai saat ini belum ada peningkatan taraf kehidupan ekonomi yang berarti, justru sebaliknya. Kemudian tawaran datang dari para ekonom Muslim yang berusaha menjadikan ekonomi Islam sebagai solusi alternatif, namun lagi-lagi tidak menampakkan hasil yang nyata.
Buku ini diteritkan untuk melihat dari sisi lain penyebab keterpurukan dan jalan keluar yang shahih menuju kebangkitan ekonomi Islam yang hakiki. Yakni kebangkitan yang dibangun dari sebuah pandangan mendasar atau disebut mabda’ (ideologi) Islam. Darinya lahir sistem ekonomi Islam yang ditopang oleh institusi besar yang bernama negara (daulah). Dalam sejarahnya yang panjang, sistem ini telah membuktikan kemampuannya dalam mensejahterakan umat di muka bumi ini. Disinilah keunikan buku ini, yakni melihat dari pendekatan institusional yakni institusi Khilafah Islamiyah, yang juga tentu bisa diterapkan pada  kasus-kasus ekonomi kontemporer.
Buku ini bisa digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 dan bagi praktisi serta teknokrat atau birokrat yang inign menekuni bidang ekonomi dan keuangan Islam.

Write a review

Note: HTML is not translated!
Bad           Good