Ekonomi Pasar Syariah

ISBN:978-602-72973-2-6
Penulis:H.Dwi Condro Triono. Ph.D
Cover:soft cover
Isi:400 hlm
Ukuran: 15 x 23 cm
Tahun Terbit: Januari 2017
Penerbit: Irtikaz
Kategori: Ekonomi & Bisnis

Stock Buku: In Stock
Rp. 115,000
Sistem ekonomi kapitalisme dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Jika sistem ekonomi ini sakit, maka ia akan menimbulkan krisis ekonomi yang mampu meluluhlantakkan sendi-sendi ekonomi dunia. Namun jika ia sehat, maka ia akan tumbuh mengguriata dan akan menghegemoni dunia.
 
Bagaimana kita akan menghadapi itu semua? Mampukah sistem ekonomi Islam memberikan solusi?
 
Solusi ekonomi Islam ternyata ada dua aliran, yaitu: solusi ekonomi Islam parsial dan solusi ekonomi Islam sistemik. Mana yang akan kita pilih?
 
Solusi ekonomi Islam parsial adalah dengan melakukan islamisasi terhadap jantung ekonomi kapitalisme. Apakah akan berhasil? Jawabnya: akan tetap gagal. Bagaimana dengan solusi yang sistemik?
 
Solusi ekonomi Islam sistemik adalah dengan mengganti seluruh bangunan sistem ekonominya. Bagaimana caranya?
 
Caranya, dengan menganalogikan pada manusia. Untuk mengganti sistem ekonomi, paling tidak ada 4 komponen penting dari “manusia” yang harus diketahui, yaitu: (1) Apa jenis tubuhnya? (2) Apa jenis Aliran darahnya? (3) Apa jenis jantungnya? (4) Apa jenis pompa jantungnya?
 
Empat komponen penting dari sistem ekonomi kapitalisme adalah : (1) Tubuhnya adalah ekonomi pasar bebas (2) Aliran darahnya adalah uang kertas (3) Jantungnya adalah perbankan dan pasar modal (4) Pompa jantungnya adalah suku bunga.
 
Jika kita menghendaki solusi yang sistemik, maka kita harus dapat menjawab 4 komponen penting dari sistem ekonomi Islam, yaitu (1) Apa tubuhnya? (2) Apa aliran darahnya? (3) Apa jantungnya? (4) Apa pompa jantungnya?
 
Jika kita berani mengatakan bahwa ekonomi Islam adalah sebuah sistm ekonomi maka kita harus dapat menjawab keempat komponen tersebut..! Apa saja? Selamat membaca..!

Write a review

Note: HTML is not translated!
Bad           Good